Thursday, September 10, 2009

Latah Usaha

Mendapatkan suatu ide usaha adalah sangat susah bagi yang selalu beranggapan susah atau tidak mau berpikir kreatif tetapi sebaliknya, mendapatkan ide usaha sangatlah mudah bagi yang beranggapan mudah & selalu mencoba untuk berpikir kreatif. Tetapi yang paling penting adalah action/menjalankan usaha tersebut dengan segera.

Ide telah didapat & usaha telah dijalankan, hasilnya usaha laku keras dan terkenal karena usahanya unik dan belum ada yang menjalankan, Apakah itu sudah cukup…? Justru ini yang menyebabkan suatu usaha yang kreatif & laras (laku keras) akhirnya penjualan menurun, malah ada yang sampai bangkrut karena tidak pernah antisipasi yang akan terjadi kedepan yaitu latah usaha atau orang akan mencontoh usahanya sehingga menciptakan competitor.

Indonesia paling terkenal dengan latah usaha, dulu waktu handphone masih jarang dan harga pulsa sangat mahal, muncul wartel. Saat itu di daerah perumahan saya cuma ada 1 wartel, orang masih belum melirik usaha ini tetapi setelah melihat keuntungan yang besar dari bisnis ini, semua akhirnya pada berlomba usaha wartel dengan berbagai jumlah KBU/bilik telepon. Yang mempunyai modal besar akan pasang jumlah KBU yang banyak dan modal pas-pasan hanya beberapa KBU. Hasilnya hampir jarak kurang dari 100 meter pasti ada wartel. Akhirnya pendapatan wartel menurun karena banyaknya pesaing yang muncul dan terakhir banyak yang berguguran karena handphone sudah murah dengan harga pulsa yang lebih gila lagi murahnya…..

Dalam menjalankan usaha kita harus siap menghadapi pesaing/pengikut. Para tukang contoh rata-rata tidak berumur panjang karena mereka tidak mengetahui bagaimana merintis dan tidak mempunyai mental sebagai perintis. Dan sebagai perintis harus terus melakukan inovasi & meningkatkan service, karena diantara tukang contoh yang berguguran, pasti akan ada yang masih berdiri dan ini adalah competitor sebenarnya.

Sebenarnya sangatlah mudah mendapatkan ide & menjalankan usaha, tetapi yang paling susah adalah mempertahankan usaha tersebut sehingga dapat berjalan dalam waktu yang lama.

Recent Post