Monday, July 11, 2011

Perbedaan piramid dengan MLM

Produk.MLM yang benar mempunyai produk yang akan dibeli customer bahkan oleh mereka yang memilih tidak bergabung ke perusahaan MLM tersebut

Biaya registrasi yang tinggi.
Piramid biasanya mempunyai biaya registrasi tinggi untuk menjadi sumber bonus utama bagi upline. MLM yang legal hanya mempunyai biaya registrasi yang rendah (sekitar 50$) untuk starter kit, manual.

Janji-janji penghasilan yang tidak masuk akal.
Dapatkan penghasilan $50.000 dalam waktu 90 hari atau chain letter adalah contoh yang bagus. MLM yang benar akan menyatakan bahwa Anda membangun penghasilan berdasarkan kerja keras dan dedikasi.

Jika perusahaan mempunyai produk dan jasa yang bagus dan bonus berasal dari pembelian produk dan jasa tersebut (baik itu dari pembelian berulang atau penjualan ke customer yang baru) Anda bisa yakin bahwa ini bukanlah piramid, tetapi tidak ada yang salah sebenarnya dengan KONSEP BENTUK piramid ini. Bentuk piramid ini kalau digunakan dengan baik dan dalam proporsi yang semestinya merupakan bentuk yang baik.


Piramid adalah struktur yang tertua dan tersolid dalam sejarah manusia.
Setiap perusahaan, sekolah, gereja, masjid, pemerintah, semuanya menggunakan bentuk hierarki yang telah terbukti sepanjang masa dan disebut melalui istilah ’struktur piramid’. Mari kita lihat contoh struktur perusahaan biasa :

- Di tingkat teratas ada 1 Direktur Utama
- Di tingkat berikutnya ada Wakil Direktur atau Direktur yg lain
- Di tingkat berikutnya ada Beberapa Division Manager
- Di tingkat berikutnya ada lebih banyak Manager
- Di tingkat berikutnya ada lebih banyak lagi Asisten Manager/Spv
- Di tingkat berikutnya ada sangat banyak staff, pegawai biasa.

Di bagian paling atas dari struktur ini adalah beberapa orang sebagai pemilik dan kelompok eksekutif. Di bagian bawah ada banyak orang dengan income yang paling kecil. Sounds familiar ? Yang menentukan besarnya income seseorang adalah orang itusendiri. Tidak ada yang mendapat kenaikan gaji lebih besar selain bos itu sendiri. Akan tetapi, jika wakil direktur atau manager berpenghasilan lebih besar dari direktur utama, apa yang akan terjadi ? Kerancuan, ketidakjelasan.

Hal ini berkaitan erat dengan struktur kontrol sistematis yang disebut pendelegasian. Hanya melalui produktifitas, usaha, dan dedikasi dari banyak orang yang akan memperkokoh perusahaan dan rangkaian produk dan jasanya, namun tetap seseorang harus memegang tampuk pimpinan. Pernahkan Anda bayangkan piramid terbalik di mana ada banyak orang di level atas memberikan perintah ke sedikit orang di bawah, dan bersaing untuk mendapatkan otoritas di antara mereka sendiri ? Jika ada kasus seperti ini apakah akan ada cukup uang untuk didistribusikan sebagai income ? Tentu saja tidak. Tidak ada logika dalam argumen ini.

Semua orang memulai dari bawah dalam struktur piramid tapi MLM memberikan kesempatan yang sama untuk berkembang seperti halnya seorang Boss dalam bisnis biasa. Ini adalah fakta dalam hal income melalui MLM, dan MLM adalah salah satu dari struktur terbaik yang dapat ditemui di dunia korporat.

Recent Post